Bahasa |

Peringati HUT ke-17, Paguyuban Citra-YKPI Gelar Malam Budaya


Peringati HUT ke-17, Paguyuban Citra-YKPI Gelar Malam Budaya

Jakarta - Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-17, Paguyuban Cinta Nusantara (Citra) berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar malam budaya bertajuk 'Saling Jaga Saling Peduli Indonesiaku' di Ballroom Djakarta Theater, pada 15 Februari 2023 lalu.

Kegiatan ini bertujuan mengajak pihak bergandengan tangan menyatukan tekad bagi Indonesia, dalam setiap hal yang menjadi perhatian atau profesinya.

Linda Agum Gumelar selaku Ketua YKPI dan Ketua Paguyuban Citra mengatakan, pagelaran dikemas dalam sebuah penampilan budaya Indonesia, mulai dari tari-tarian, nyanyian, alat-alat musik, serta pameran batik dan tenun pilihan.

"Kami ingin menyuguhkan kepada para tamu undangan sahabat-sahabat kami yang hadir pada malam ini, suatu pagelaran yang di kemas dalam satu paket secara non-stop menampilkan betapa kayanya Indonesia," kata Linda dalam sambutannya.

Linda juga mengingatkan kepada masyarakat terkait upaya menekan kasus kanker payudara stadium lanjut di Indonesia. Menurut data Globocan 2020, terdapat 66 ribu kasus baru kanker payudara dengan tingkat kematian lebih dari 22 ribu jiwa.

Sayangnya, hampir 70 persen pasien datang ke rumah sakit dalam stadium lanjut. Padahal, lanjut Linda, jika ditemukan dalam stadium awal, harapan hidup pasien akan lebih tinggi.

"Kita semua peduli dan bekerja sama menekan angka kejadian kasus baru kanker payudara stadium lanjut di Indonesia. Karena apa? Karena sebetulnya bila kanker payudara ditemukan pada stadium awal dan dilakukan pengobatan secara medis maka angka harapan hidup pasien akan lebih baik," tutup Linda.

Paguyuban Citra adalah sebuah perkumpulan pencinta seni dan budaya Indonesia yang bergerak dalam pelestarian dan pembinaan seni dan budaya Indonesia, yang didirikan oleh Agum Gumelar, Dimas Wahab, dan SN Suwisma pada 12 Mei 2006 silam.

Dalam perjalanannya selama 17 tahun, Paguyuban Citra telah diundang oleh Kedutaan Republik Indonesia di negara-negara sahabat untuk mengisi acara diplomatik, guna mendukung program dari Kedutaan Besar Republik Indonesia ataupun Konsulat Jenderal Republik Indonesia negara setempat.

Negara pertama yang dikunjugi adalah Athena, Yunani pada 2006 yang diselenggarakan oleh KBRI Athena untuk mendukung acara Indonesian Night. Tahun-tahun selanjutnya Paguyuban Citra tampil di berbagai kota antara lain Bangkok, Hanoi, Mynamar, Bassel, Meksiko, London, Portugal, Madrid, Kroasia, Bratislava, Budapest, Los Angeles, San Fransisco, dan Marseille. Bahkan pada 2022 lalu, Paguyuban Citra tampil untuk kedua kalinya di Budapest, Bratislava dan London.

Pada setiap pagelarannya, Paguyuban Citra mempersembahkan seni budaya Indonesia yang dikemas dalam satu paket berupa tari-tarian, penampilan alat-alat musik tradisional, peragaan kain nusantara (batik, tenun dan songket) juga penyanyi Indonesia ternama seperti Tuty Maryati, Lea Simanjuntak dan Rio Febrian.

icon-whatsapp-ykpi