Bahasa |

7 Tips Sehat Mental Hadapi Kanker Payudara


7 Tips Sehat Mental Hadapi Kanker Payudara

Rabu, 22/09/2021

Jakarta, YKPI - Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar membagikan tujuh tips menguatkan mental bagi perempuan Indonesia, yang mengalami kanker payudara.

Pertama, selalu siap untuk hal yang tidak diharapkan (prepare for the worst). Ini membuat kita menjadi lebih waspada.

Kedua, bersahabat dan menerima kenyataan. Jangan sekali-kali cuek (denial), menyalahkan keadaan, atau menyesali masa lalu.

"Apapun kejadiannya, kita harus bersabar," kata Linda dalam kegiatan 'Webinar & Talkshow Professional Fashion Week by Nina Nugroho' pada Selasa (21/9).

Ketiga, tetap mengupayakan solusi terbaik. Solusi terbaik ini harus dicari berdasarkan karakter dan strategi kita.

Keempat, berpikir positif. Menurut Linda, selama berpikir positif, pasti akan ada jalan keluar. Sebaliknya, jika hanya dari sisi negatif, apapun akan terlihat buruk.

"Ini berpengaruh pada diri kita, jadi tidak mudah puas. Harus popsitif agar bisa berpikir lebih jernih," ujar Linda.

Kelima, meningkatkan keimanan dan ketakwaan diri. Linda mengatakan, manusia boleh berusaha sekuat tenaga, namun serahkan sisanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Keenam, melakukan aktivitas yang disukai. Linda menyarankan ada waktu khusus untuk melakukan apapun yang kita suka, entah bercocok tanam, memasak, mendengar musik, dan lain sebagainya.

"Ketujuh, jangan terlalu lama larut dalam kekecewaan. Ini tidak baik. Kenapa? Yang kecewa hanya kita. Dunia akan terus berjalan, sementara kita masih terpuruk di sudut ruangan," tandas Linda.

icon-whatsapp-ykpi