Bahasa |

YKPI Beri Edukasi Kanker Payudara di SMAN 1 Jonggol


YKPI Beri Edukasi Kanker Payudara di SMAN 1 Jonggol

Minggu, 28/04/2024

YKPI - Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) memberikan edukasi kanker payudara kepada kaum  generasi Z di SMAN 1 Jonggol. Para pelajar diberikan informasi mengenai sosialisasi deteksi dini kanker payudara dan Praktek SADARI yang juga diikuti oleh para guru dengan total 478 peserta.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Jonggol Maman Rukmana yang mengucapkan  terima kasih karena sekolahnya telah dipilih menjadi tempat sosialisasi kanker payudara dari YKPI.

"Semoga bermanfaat bagi guru-guru dan  anak didik agar peduli dengan kesehatannya khususnya terhadap kanker payudara sehingga dapat terdeteksi sedini mungkin," ujarnya.

Selanjutnya Ketua YKPI Linda Agum Gumelar berharap agar guru-guru dan anak didik setelah mendapatkan sosialisasi dapat mengetahui informasi tentang kanker payudara yang benar dan lebih peduli kepada dirinya sendiri dan keluarga untuk melakukan SADARI.

Dokter Agus Sutarman dari RS Gatot Subroto  menjelaskan tentang penyebab kanker payudara dan faktor risiko  terjadinya kanker payudara. Risiko kanker payudara menjadi lebih tinggi dialami oleh anak remaja usia di bawah 10 tahun yang sudah mengalami menstruasi. Kaum menopause dengan usia di atas 50 tahun.

"Tidak pernah melahirkan anak, melahirkan anak pertama di atas 35 tahun, tidak pernah menyusui anak, pernah operasi tumor payudara, ada kelainan di organ  dalam wanita, dan ada keluarga yang pernah menderita kanker payudara," ujarnya.

Devisa Arjamunawi siswi kelas X menilai sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk para siswa. Sosialisasi kanker payudara meningkatkan kepedulian dirinya untuk lebih menjaga kesehatan agar terhindar dari kanker payudara.

"Selain itu menambah pengetahuan saya tentang SADARI dan tentang kanker payudara. Ke depannya saya ingin memberikan ilmu yang sudah saya dapat dari kegiatan sosialisasi ini kepada keluarga saya," ujar Devisa.

Sumber: Putra Ananda/Media Indonesia

icon-whatsapp-ykpi